Pandangan awam tentang Inteligensi
Inteligensi adalah istilah yang menggambarkan kecerdasan, kepintaran ataupunmemampuan untuk memecahkanproblem yg dihadapi
lCiri perilaku2 inteligen tinggi :kemampuan untuk memahami danmenyelesaikan problem mentaldengan cepat, kemampuanmengingat, kreativitas tinggi danimajinasi yang berkembang
lInteligen rendah : perilaku lamban, tidakcepat mengerti, kurang mampumenyelesaikan problem mental yangsederhana
Inteligensi dalam definisi
Inteligensi bagaikan listrik, mudah diukurnamun hampir mustahil utkdidefinisikan
lTerman : kemampuan seseorang untukberpikir secara abstrak
lThorndike : kemampuan dalammemberikan respon yg baik daripandangan kebenaran atau fakta
lWechsler : inteligensi sebagai totalitaskemampuan seseorang utk bertindakdengan tujuan tertentu, berpikirsecara rasional, serta menghadapilingkungan dengan efektif
lFlynn : kemampuan berpikir secaraabstrak dan kesiapan untuk belajardari pengalaman
Perbedaan pandangan awam dengan ahli
Awam
Kemampuan praktis untuk pemecahanmasalah
lNalar yang baik
lMelihat hubungan diantara berbagai hal
lMelihat aspek permasalahan secaramenyeluruh
lPikiran terbuka
Kemampuan verbal
lBerbicara dg artikulasi yang baik danfasih
lBerbicara lancar
lPunya pengetahuan di bidang tertentu
Kompetensi sosial
lMenerima orang lain seperti adanya
lMengakui kesalahan
lTertarik pada masalah sosial
lTepat waktu bila berjanji
Ahli
Kemampuan memecahkan masalah
lMampu menunjukkan pengetahuanmengenai masalah yg dihadapi
lMengambil keputusan tepat
lMenyelesaikan masalah secara optimal
lMenunjukkan pikiran jernih
Inteligensi verbal
lKosakata baik
lMembaca dengan penuh pemahaman
lIngin tahu secara intelektual
lMenunjukkan keingintahuan
Inteligensi praktis
lTahu situasi
lTahu cara mencapai tujuan
lSadar terhadap dunia sekeliling
lMenunjukkan minat terhadap dunia luar
Keberhasilan dalam belajar
lFaktor internal
Fisik : panca indera, kondisi fisik
Psikologis
- Non Kognitif : (minat,motivasi,kepri)
- Kognitif : bakat, inteligensi
l Faktor eksternal
Fisik : Kondisi tempat belajar, sarana danperlengkapan belajar, materi belajar,kondisi lingkungan belajar
Sosial : dukungan sosial, pengaruh budaya
Faktor-faktor Inteligensi
lWilliam Stern (Uni Factor Theory)
Teori kapasitas umum
Inteligensi merupakan kapasitas ataukemampuan umum, cara kerjainteligensi juga bersifat umum.Kapasitas umum timbul akibatpertumbuhan fisiologis dan akibatbelajar.
lSpearman
Faktor Umum (G faktor)
Faktor khusus (S faktor)
(Two Factors Theory)
Faktor umum: yg menentukan apakahseseorang itu secara umum bodohatau pandai
Faktor khusus: yg menentukankepandaian seseorang dalam bidangtertentu, seperti fisika, bahasa.
Multi Factors Theory
lOleh E.L. Thorndike
Inteligensi terdiri dari bentuk hubungan-hubungan neural antara stimulus danrespon. Hubungan neural khususinilah yang mengarahkan tingkah lakuindividu.
Thurstone:
Faktor umum tidak ada, yg ada hanyasekelompok faktor yang diberi namaPrimary Mental Abilities (7 faktor)
lPengertian verbal
lKemampuan angka
lPenglihatan keruangan
lKemampuan penginderaan
lIngatan
lPenalaran
lKelancaran kata
Thomson
Inteligensi mengandung banyak sekalifaktor yg masing2 bebas dan berdirisendiri, tapi faktor yang berfungsipada suatu saat tertentu hanyalahsebagian kecil saja dari keselluruhanfaktor yg ada.
Tes inteligensi
Tes individual
Tes Binet
Thn 1904: alfred Binet diminta pemerintahPerancis menyusun metode untukidentifikasi anak yg tidak mampubelajar di sekolah (bersamaTheophile Simon)
Berdasarkan konsep inteligensiStern Anak yang kurang mampubelajar di sekolah umum akandialihkan ke sekolah khusus.
Thn 1905 : berhasil disusun Skala 1905terdiri dari 30 item
Binet mengembangkan konsep :
Mental Age (MA)
MA : usia mental, level perkembanganmental indv yg beraitan denganperkembangan lain
1912 : William Stern menciptakankonsep Intellegence Quotient (IQ) =IQ = MA/CA X 100
Jika usia mental sama dengan usiakronologis, IQ = 100
Usia mental dapat berbeda dengan usiakronologis
Bila usia mental di atas usia kronologismaka IQ > 100
Bila usia mental di bawah usia kronologismaka IQ < 100
Tes Binet mengalami revisi berkali2,disebut : Stanford-Binet
Tes binet untuk usia 2 tahun hinggadewasa
Thn 1985 : edisi ke 4 tes Stanford- Binet
Skala Wechsler
Oleh David Wechsler
Memperkenalkan IQ verbal dan IQ Performance
WPPSI-R: Wechsler Preschool dan Primary Sale of Intelligence-Revised utk usia 4 – 6,5 thn
WISC-R: Wechsler Intelligence Scale for Children – Revised utk usia 6 – 16 thn
WAIS-R: Wechsler Adult Intelligence Scale – Revised
Tes kelompok
Lorge-Thorndike Intelligence Tests
Kuhlman-Anderson Intelligence Tests
Otis-Lennon School Mental abilities
Perbedaan
Tes Individual
-Kurang ekonomis
-Pemahaman murid akan
lebih baik
-Dapat menyusun laporan
individual
-Dapat mengukur tingkat
kecemasan murid
Tes kelompok
-Lebih nyaman bagi anak
-Ekonomis
-Pemahaman murid mungkin
terbatas
-Tidak dapat disusun
laporan individual
-Tidak dapat mengukur
tingkat kecemasan murid
Menginterpretasi skor tes IQ
Jauhi pandangan stereotip dan perkiraannegatif tentang murid
Jangan gunakan tes IQ sebagai ukuranutama untuk kompetensi
Berhati2 lah dalam menginterpretasikanmakna dari seluruh nilai IQ