Psikologi
Pendidikan :
Perangkat untuk Mengajar Secara Efektif
Mengajar
: Antara Seni dan Ilmu Pengetahuan
Sains,
seni dan pengalaman yang berperan dalam keberhasilan seorang guru. Bidang
Psikologi Pendidikan banyak mengambil sumber dari teori dan riset psikologi
yang luas.Seperti contoh, teori Jean Piaget dan Lev Vygotsky tidak diciptakan
dalam rangka memberi informasi bagi guru tentang cara mendidik anak, namun
teori ini banyak mengandung aplikasi yang bisa menjadi pedoman anda untuk
mengajar.
Sebagai
sebuah ilmu, tujuan psi. Pendidikan adalah memberi kita pengetahuan riset yang
dapat secara efektif diaplikasikan untuk situasi mengajar, yang tetap merupakan
sebuah seni.
Cara
Mengajar yang Efektif
1 1. Pengetahuan
dan Keahlian Profesional
Guru
yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian atau keterampilan mengajar
yang baik yang didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran, dan
manajemen kelas. Mereka tahu cara memotivasi, berkomunikasi, dan berhubungan secara
efektif dengan murid – murid dari beragam latar belakang kultural serta
pemahaman pemanfaatan teknologi secara tepat.
2 2. Komitmen
dan Motivasi
Guru
pemula seringkali melaporkan bahwa dibutuhkan investasi waktu dan usaha yang
besar untuk menjadi guru yang efektif. Bahkan beberapa guru melaporkan bahwa
waktu mereka banyak tersita mulai bulan September sampai Juni, dan tambahan
malam hari dan di luar jam kelas. Menghadapi hal ini banyak guru yang
frustrasi. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dan motivasi yang dapat membantu
guru yang efektif untuk melewati masa – masa yang sulit dan melelahkan saat
mengajar.
Sangat
penting untuk menyadari masa ketika anda membuat perubahan dalam kehidupan
murid. Bahkan anda mengalami perubahan – perubahan yang dibuat guru anda di
kehidupan anda.
Semakin
baik anda menjadi guru, semakin berharga pekerjaan anda. Dan jika anda semakin
dihormati dan sukses di mata murid, maka anda akan merasa semakin berkomitmen.
Menjadi
Guru yang Efektif :
1.
Pengajaran
yang efektif mensyaratkan agar guru menguasai banyak keahlian.
2.
Sering-seringlah
memperluas perspektif anda.
3.
Ingatlah selalu daftar karakteristik yang
telah kita diskusikan selama anda mengajar